Dalam membuat perencanaan pendidikan agama Islam biasanya yang terdapat dalam perencanaan tersebut adalah: adanya alokasi waktu, tujuan pembelajaran, materi, metode, kegiatan belajar mengajar.
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : III / I
Alokasi Waktu :
Hari / Tanggal :
Standar Kompetensi : Membiasakan Akhlak Terpuji.
Kompetensi Dasar : Menunjukkan perilaku sopan santun
Menunjukkan perilaku tekun
Menunjukkan perilaku percaya diri.
Tujuan Pembelajaran : Dengan kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa mampu untuk:
· Menunjukan perilaku sopan santun.
· Menunjukan perilaku tekun.
· Menunjukan perilaku percaya diri.
· Mengaplikasikan perilaku sopan santun, tekun dan pecaya diri, kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
Ø Menjelaskan pengertian sopan santun.
Ø Memberikan contoh perilaku sopan santun.
Ø Menjelaskkan pengertian perilaku tekun.
Ø Menunjukan contoh perilaku tekun dalam bekerja dan belajar.
Ø Menunjukan contoh perilaku percaya diri.
Materi Ajar :
Allah mengutus nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak atau budi pekerti manusia. Perilaku terpuji harus senantiasa ditampilkan oleh setiap manusia dalam kehidupannya sehari-hari. i Diantara akhlak terpuji atau perilaku terpuji, yaitu: Sopan santun, Tekun, Percaya diri.
Metode Pembelajaran : menggunakan metode tanya jawab, ceramah, penugasan.
Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal atau Pendahuluan, antara lain:
Ø Mengucapkan Salam, Basmallah dan Do’a.
Ø Mengkondisikan siswa dalam situasi belajar dan meminta siswa unttuk menyiapkan Buku PAI.
Ø Membaca Buku PAI.
Ø Menggali pengalaman siswa tentang akhlak terpuji sesuai dengan apa yang mereka ketahui.
Ø Penjelasan singkat tentang materi yang akan diajarkan.
2. Kegiatan Inti :
Ø Guru menjelaskan pengertian pengertian akhlak terpuji.
Ø Menyimak dan mendengarkan cerita tentang orang yang berperilaku terpuji.
Ø Dengan bimbingan guru, siswa memberikan contoh perilaku yang termasuk akhlak terpuji.
Ø Tanya jawab tentang akhlak terpuji.
3. Kegiatan Penutup:
Ø Sebelum mengakhiri kegiatan, siswa bersama guru membuat kesimpulan dan mencatatnya dibuku masing-masing.
Ø Siswa diberi tugas menulis contoh perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Kegiatan ditutup dengan ucapan Hamdalah, Doa dan Salam.
Alat Dan Sumber Pembelajaran :
Ø Buku PAI ynagb relevan, dan LKS.
Ø Gambar.
Penilaian:
Ø Tes tertulis mengerjakan soal-soal ulangan harian.
Ø Penilaian Proses secara lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar