Senin, 18 Oktober 2010

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD kelas 3




Dalam membuat perencanaan pendidikan agama Islam biasanya yang terdapat dalam perencanaan tersebut adalah:  adanya alokasi waktu, tujuan pembelajaran, materi, metode, kegiatan belajar mengajar.
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester                       : III / I
Alokasi Waktu                        :
Hari / Tanggal                         :

Standar Kompetensi             : Membiasakan Akhlak Terpuji. 
Kompetensi Dasar     : Menunjukkan perilaku sopan santun
Menunjukkan  perilaku tekun
  Menunjukkan perilaku percaya diri.
Tujuan Pembelajaran           : Dengan kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa mampu untuk:
·         Menunjukan perilaku sopan santun.
·         Menunjukan perilaku tekun.
·         Menunjukan perilaku percaya diri.
·         Mengaplikasikan perilaku sopan santun, tekun dan pecaya diri, kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
Ø  Menjelaskan pengertian sopan santun.
Ø  Memberikan contoh perilaku sopan santun.
Ø  Menjelaskkan pengertian perilaku tekun.
Ø  Menunjukan contoh perilaku tekun dalam bekerja dan belajar.
Ø  Menunjukan contoh perilaku percaya diri.
Materi Ajar :
Allah mengutus nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak atau budi pekerti manusia. Perilaku terpuji harus senantiasa ditampilkan oleh setiap manusia dalam kehidupannya sehari-hari. i Diantara akhlak terpuji atau perilaku terpuji, yaitu: Sopan santun, Tekun, Percaya diri.
Metode Pembelajaran : menggunakan metode tanya jawab, ceramah, penugasan.
Langkah Pembelajaran :
1.      Kegiatan Awal atau Pendahuluan, antara lain:
Ø  Mengucapkan Salam, Basmallah dan Do’a.
Ø  Mengkondisikan siswa dalam situasi belajar dan meminta siswa unttuk menyiapkan Buku PAI.
Ø  Membaca Buku PAI.
Ø  Menggali pengalaman siswa tentang akhlak terpuji sesuai dengan apa yang mereka ketahui.
Ø  Penjelasan singkat tentang materi yang akan diajarkan.

2.      Kegiatan Inti :
Ø  Guru menjelaskan pengertian pengertian akhlak terpuji.
Ø  Menyimak dan mendengarkan cerita tentang orang yang berperilaku terpuji.
Ø  Dengan bimbingan guru, siswa memberikan contoh perilaku yang termasuk akhlak terpuji.
Ø  Tanya jawab tentang akhlak terpuji.

3.      Kegiatan Penutup:
Ø  Sebelum mengakhiri kegiatan, siswa bersama guru membuat kesimpulan dan mencatatnya dibuku masing-masing.
Ø  Siswa diberi tugas menulis contoh perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Kegiatan ditutup dengan ucapan Hamdalah, Doa dan Salam.

Alat Dan Sumber Pembelajaran :
Ø  Buku PAI ynagb relevan, dan LKS.
Ø  Gambar.
Penilaian:
Ø  Tes tertulis mengerjakan soal-soal ulangan harian.
Ø  Penilaian Proses secara lisan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar